Cara Mengarahkan Domain ke Server Hosting

Setcheat - Untuk membuat sebuah blog wordpress dengan hosting sendiri, Anda tentu membutuhkan sebuah domain seperti di namecheap (baca cara daftar namecheap mudah)dan sebuah webhosting. Apabila Anda membeli domain sekaligus hosting pada satu provider, biasanya domain yang Anda beli telah diarahkan ke server hosting tersebut. Namun, Apabila Anda membeli domain dan hosting secara terpisah, tentu saja Anda mesti mengarahkan domain tersebut ke sever hosting agar Anda bisa mempublikasikan blog Anda. Saya akan membahasa bagaiman cara mengarahkan domain ke server hosting yang telah Anda beli.

Untuk mengarahkan sebuah domain ke server web hosting, Anda hanya perlu merubah pengaturan name server pada sisi domain. Name server yang digunakan adalah name server web hosting yang akan digunakan. Biasanya name server sebuah hosting seperti ini: ns1.namahosting.com dan ns2.namahosting.com. Contohnya pada hosting yang saya gunakan yaitu blue host, name servernya adalah ns1.bluehost.com dan ns2.bluehost.com. Untuk mengetahui name server hosting yang Anda gunakan, Anda bisa melihat pada webhosting yang Anda beli atau menanyakannya pada supprot web hosting tersebut, biasanya dari email yang diterima dari hosting.

Apabila Anda sudah mengetahui name server dari web hosting yang akan digunakan untuk membuat blog wordpress Anda, maka kini saatnya Anda mengatur agar domain Anda mengarah ke web hosting tersebut. Berikut akan saya berikan tutorial mengarahkan name server domain ke web hosting. Contoh yang saya gunakan adalah domain yang saya beli di lime domains. Untuk domain registar yang lain, saya rasa langkah-langkahnya tidak jauh berbeda. Mungkin dari segi penamaan yang berbeda sedikit.

OK. Langsung saja saya berika tutorial membuat blog wordpress dengan domain sendiri dari segi cara mengarahkan domain ke server web hosting:

Klik untuk memperbesar
  1. Pertama, login dahulu ke control panel domain yang telah Anda beli di domain registar.
  2. Setelah masuk ke halaman control panel, klik Name Server atau Name Server Information.
  3. Pada halaman setting name server, pilih domain yang akan diset name servernya. Kemudian masukkan name server web hosting yang akan Anda gunakan. Seperti yang telah saya sebutkan diatas tadi jika saya menggunakan hoting Blue Host, maka saya masukkan Name server : ns1.bluehost.com dan ns2.bluehost.com. Klik save untuk menyimpan setting
  4. Kini semuanya telah selesai. Anda telah mengarahkan domain Anda ke server web hosting yang akan digunakan. Selanjutnya Anda mesti menungu 1 sampai 2 hari untuk dapat melakukan setup wordpress di hosting Anda. Oleh karena itu, pada artikel selanjutnya saya akan membahas cara menginstall wordpress pada sebuah web hosting. Jadi segeralah berlangganan artikel blog ini baik melalui RSS feed maupun email. Jika butuh panduan silahkan baca artikel cara berlangganan artikel.

Sekian tutorial cara mensetup atau mengarahkan domain ke server hosting. Semoga bermanfaat dan sukses buat blog Anda!

0 Response to "Cara Mengarahkan Domain ke Server Hosting"

Post a Comment